Cara Mengisi Baterai Smartphone yang Benar Agar Tahan Lama

Smartphone saat ini banyak menggunakan layar lebar untuk memanjakan pengguna supaya lebih memudahkan dalam menelusuri aplikasi yang ada di dalamnya. kemajuan yang pesat ini tentu saja akan sangat membantu dalam penggunaan smartphone ini.

ilustrasi, charging
Namun semakin besar layar yang digunakan maka juga akan berdampak pada cepat habisnya baterai yang digunakan karena konsumsi daya yang besar. mau tidak mau baterai akan cepat mengalami kondisi sering nge-drop akibat dari penggunaan smartphone yang terlalu boros sehingga cepat dilakukan pengisian baterai, pengisian baterai yang tidak sesuai prosedur tentu saja akan cepat membuat baterai itu sendiri cepat mengalami kerusakan yang ditandai dengan nge-drop.

Omahgadget.com kali ini akan memberikan tips dan trik agar baterai smartphone anda bertahan lebih lama

1. Jangan melakukan isi ulang baterai hingga penuh
charging
Jangan melakukan charge hingga baterai penuh atau full. Cara charge baterai smartphone terbaik adalah mencabut charger sebelum baterai benar-benar penuh dan menjaga baterai di sekitar angka 70-90%. Ini dilakukan agar baterai lithium-ion atau lithium-polimer pada smartphone bisa bertahan hingga waktu cukup lama, apalagi kalau dalam melakukan charger setelah penuh, kabel charger tetap di biarkan tersambung dengan smartphone anda, misalnya saja di charger malam, kemudia baru di cabut pada pagi harinya.

2. Jangan menunggu sampai baterai smartphone habis total
Melakukan charge menunggu sampai smartphone mati total atau nol persen dulu, itu akan memperburuk kualitasnya dan memperpendek umur baterai. Karena, dalam waktu yang sama, proses charge baterai dari 0-50% akan memakan daya yang lebih besar dibandingkan charge dari 50-100%.

3. Gunakan charger asli dari produk smartphone
Kesalahan terbesar yang dianggap hal sepele adalah menggunakan charger yang buka dari produsen smartphone tersebut. charger tiap produsen pasti berebda-beda tergantung spesifikasi smartphone dan baterai tersebut. usahakan jangan menggunakan charger yang bukan bawaan smartphone tersebut dalam men-charger meskipun memiliki "colok-an" yang sama.

4. Matikan saat melakukan charge
saat menggunakan charger untuk mengisi smartphone, smartphone sebaiknya dalam kondisi mati. jika pengisian baterai dilakukan dalam kondisi hidup maka secara otomatis lama pengisian juag akan semakin lama karena baterai juga di konsumsi oleh smartphone yang hidup tersebut.

5. Hindari tempat panas
Ketika melakukan charge hindari tempat yang panas, sebab salah satu musuh utama baterai li-ion dan li-polimer adalah panas.

tips pengisian charger diatas semoga membantu anda dalam memperlama baterai smartphone tahan lama.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengisi Baterai Smartphone yang Benar Agar Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel