Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa di Instal

Kenapa saya tidak bisa meng-install aplikasi di android? Kejadian ini hampir semua pengguna smartphone atau tablet android pernah mengalaminnya. Smartphone ataupun tablet yang mengalami masalah ini disebabkan oleh banyak faktor. Masalah ini terkadang terjadi secara tiba-tiba, bukan karena perangkat android rusak. Tapi masalah ini dapat terjadi apabila kita memaksa android kita untuk meng-install aplikasi tertentu. Mungkin aplikasi yang kita pasang pada android tidak sesuai dengan hardware smartphone, biarpun perangkat android yang kita gunakan adalah smartphone yang branded seperti Samsung, LG, Lenovo, Sony, Advan, Oppo dan lainnya.

gagal instal

Cara Mengatasi Gagal Install Aplikasi di Android

Pada saat meng-install aplikasi di hp android akan memberikan informasi yang rinci secara otomatis kenapa aplikasi tersebut tidak dapat di install. Biasanya android akan ada pemberitahuan error seperti "not enough space on device" atau "out of space" dan lainnya. Nah dari pemberitahuan tersebut kita dapat mengetahui bahwa memory internal atau kapasitas ram sudah penuh sehingga tidak dapat meng-install aplikasi lagi.

Penyebab tidak bisa install aplikasi di android :

Banyak melakukan install aplikasi lalu menghapusnya. Setiap aplikasi yang kita install dan terhapus akan meninggalkan cache dan folder (residual file) yang belum sobat hapus.
Hardware atau OS android yang digunakan tidak sesuai/mendukung. Ini adalah salah satu penyebab aplikasi tidak bisa install di android biasanya ini terjadi ketika meng-install aplikasi file APK bukan dari Play Store, lebih baik sobat meng-install aplikasi dari play store langsung karena google akan mendeteksi versi perangkat yang sobat gunakan sehingga aplikasi yang diinstall cocok dengan smartphone sobat.

Ada aplikasi lainnya yang sedang berjalan pada background. Ini akan terjadi konflik antar aplikasi tersebut, sebaiknya sobat mengatur aplikasi semacam ini. Selain itu membuat kinerja hp android lemot dan boros baterai.


Cara mengatasi tidak bisa install aplikasi di android dapat sobat lalukan dengan beberapa langkah berikut :

Hapus aplikasi yang jarang digunakan. Selain menambah ruang internal storage juga akan mengurangi beban RAM yang digunakan sehingga dapat meningkatkan kinerja hp android dan android akan lebih cepat serta ringan.

Bersihkan RAM secara berskala atau dapat langsung membersihkan pada aplikasi yang sedang berjalan. Sobat dapat melakukannya dengan cara buka menu Task Manager - RAM - Clear Memory
Tidak bisa install aplikasi dari Play Store. Apabila sobat selalu gagal install aplikasi di android dari Play Store, cara mengatasinya adalah dengan membersihkan cache dan data pada aplikasi google plays store buka menu Setelan (setting) > Apl/Apps > Running > Google Play Store > Clear Cache dan Clear Data dan terakhir Force Stop. Tapi perlu diingat bahwa ini akan menghapus data sign in google sobat.

Membersihkan cache dari semua aplikasi android seperti google chrome, facebook, BBM, dan aplikasi lainnya. Caranya buka menu Setelan (setting) > Apl/Apps > Downloaded kemudian buka aplikasi satu persatu lalu bersihkan.

Langkah terakhir adalah reset ulang android, ini akan membuat hp android sobat seperti awal atau seperti baru. Ini juga akan mereset semua aplikasi di android akan menjadi seperti baru terpasang.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Aplikasi Android Tidak Bisa di Instal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel