Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Dengan Mudah

Kue bolu merupakan makanan yang sangat lazim di jumpai  di Indonesia. rasanya yang lezat membuat banyak orang suka dengan makanan yang satu ini. Selain mudah dalam pembuatanya, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah dijumpai sehingga dalam pembuatannya tidak terlalu ribet.
Bolu kukus mekar
Bolu kukus mekar
Sejatinya cara membuat bolu kukus tidak berbeda jauh dengan pembuatan kue bolu pada umumnya. perbedaan yang paling mendasar terletak pada komposisi air untuk adonan. Pada bolu kukus membutuhkan lebih banyak air dibandingkan bolu bisa agar bolu kukus bisa lebih merekah.




Berikut ini resep bolu kukus yang bisa anda coba di rumah.

Bahan yang diperlukan

  1. 200 gr gula pasir
  2. 275 gr tepung terigu berkadar protein sedang.
  3. 225 ml minuman bersoda tawar seperti sprite atau f&n.
  4. 2 sdt emulsifier (sp/tbm).
  5. 1/2 sdt baking powder.
  6. 2 butir telur.
  7. 1/2 sdt esens vanili.
  8. 2 tetes pewarna makanan 1 (misal warna merah, pink, dll)
  9. 2 tetes pewarna makanan 2 (misal warna hijau, biru, dll)

Cara Membuat bolu kukus

  1. Campur bahan  gula pasir, telur, dan emulsifier kemudian kocok hingga kaku selama kurang lebih 10 menit.
  2. Ayak terlebih dahulu tepung terigu yang akan digunakan dan baking powder secara bergantian kemudian campurkan dengan minuman bersoda lalu kocok perlahan. dilanjutkan dengan memasukkan esens vanili dan di aduk hingga rata.
  3. Agar kue bolu kukus lebih menarik maka ambil 50 gram adonan untuk diberi pewarna 1 kemudian aduk hingga rata. Kemudian ambil 50 gram adonan lagi dan beri pewarna 2 aduk rata. Sisa adonan biarkan berwarna putih.
  4. Masukan adonan putih pada cetakan bolu kukus yang telah dilapis kertas kue. Beri variasi dengan menambah adonan warna 1 dan 2 pada bagian atas.
  5. Selanjutnya kukus selama 10 menit dengan api besar.

Tips Agar Bolu Mekar Mengembang sempurna:

  • Setiap membuat adonan baiknya menggunakan air soda yang baru di beli. Hasil kurang maksimal jika menggunakan air soda yang sudah pernah di buka karena soda telah menguap.
  • Dalam mengisi adonan di cetakan pastikan anonan sejajar dengan tinggi cetakan. Jika tidak sejajar akan berdampak pada hasil yang tidak mengembang.
  • Sebelum memasukan kue bolu di pengukus sebaiknya panci pengukus dipanaskan hingga air didalam panci mendidih.
  • Lapisi penutup panci pengukus dengan kain lap yang bersih yang bertujuan menyerap uap airsehingga tidak menetes di kue saat di kukus.
  • Sebaiknya jangan sekali-kali membuka penutup panci kukusan sebelum kue benar-benar masak. Biasanya waktu yang dibutuhkan agar kue bolu benar-benar masak sekitar 10 menit baru boleh dibuka.
  • Gunakan Mixer berkecepatan tinggi ketika mengocok adonan selama 15 menit. Pastikan adonan benar-benar mengembang.
    bolu kukus
    Bolu kukus
  • Baiknya menggunakan cetakan berbahan alumunium yang berlubang. Karena berbahan aluminium akan membuat panas secara merata ke dalam adonanhasilnya pun kue bolu kukus mekar mengembang maksimal.
  • Untuk mengecek kemataangan kue sebaiknya gunakan lidi untuk memastikan. Caranya yaitu dengan menusuk adonan menggunakan lidi, jika tidak ada adonan yang menempel pada lidi maka bisa dipastikan bahwa bolu benar-benar sudah masak.

Itu dia cara membuat bolu kukus mekar dengan mudah, semoga berhasil

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bolu Kukus Mekar Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel